GUr5GSz7GSr9TpriTpA6BSdi

Istri Fir'aun dan Istri Nabi Nuh



#17TahunMenikah [Bagian-7]
Istri Fir'aun dan Istri Nabi Nuh

Ada banyak kisah tentang tema - tema rumah tangga dalam Islam. Salah satu cerita itu adalah istri Raja Fir'aun dan istri Nabi Nuh.

Penulis: Karnoto | Foto: internet


Kalau kita rajin ngaji dan mengkaji sebenarnya cerita hidup manusia sekarang dan sampai nanti sudah ada referensinya. Tentang apa saja dalam rumah tangga, itu sudah ada referensi dalam Islam.

Mulai sejak memilih pasangan, menikah, mengandung, melahirkan, mendidik anak, komunikasi antar suami istri sampai pada urusan perceraian, ada semua referensinya dalam Islam. Tidak Agama yang memiliki juknis selengkap Islam, tidak ada !

Konsep Islam benar - benar sempurna dan inilah yang sedang kami upayakan terapkan dalam keluarga saya, khususnya konsep suami istri. Saya dan istri sama-sama terus belajar dan memperbaharui konsep hubungan kami berdua.

Ini kami lakukan seiring dengan perjalanan waktu, situasi yang tentu berbeda dengan masa kami belum punya anak atau masa usia lima tahun. Tantangannya juga berbeda maka kalau kita berdua tidak belajar bahtera rumah tangga tidak akan stabil sepanjang perjalanan.

Maka saya terus belajar, ngaji dan mengkaji tentang sejarah bagaimana sebenarnya konsep Islam dalam rumah tangga yang sebenarnya. Alhamdulillah, hari demi hari, pekan demi pekan, bulan demi bulan kami mulai faham konsep Islam dalam menjaga hubungan suami istri.

Ada banyak kisah tentang tema - tema ini, diantaranya adalah kisah dua perempuan yang menjadi istri dan mereka memberikan pelajaran untuk kita. Salah satu cerita itu adalah istri Raja Fir'aun dan istri Nabi Nuh.

Bahkan gambaran sikap seorang istri tergambar jelas dalam sejarah Islam. Saya mengambil contoh yang ekstrem dua perempuan atau istri sehingga kita bisa belajar dari cerita ini.

Kisah istri Raja Fir'aun, yaitu Asiah dan istri Nabi Nuh bernama Walighah. Siapa yang tidak mengenal kehebatan Raja Fir'aun, kekuasaanya luar biasa, pengaruhnya tiada raja yang bisa menandingi. Tapi dia menjadi raja yang lupa daratan, bengis, kejam sampai ada di puncak kegilaanya hingga mengaku sebagai Tuhan.

Tapi Asiah yang bersuamikan Raja Fir'aun yang tersohor sedunia dan sepanjang masa masuk surga karena dia tetap menjadi seorang Muslimah, istri yang solehah.

Cerita terbalik terjadi pada kisa Nabi Nuh, dimana istrinya yang bernama Walighah justru masuk neraka. Kurang apa coba Nabi Nuh, nabi loh yang jelas soleh, amal ibadahnya juga di atas rata - rata, dekat dengan Allah tapi Walighah masuk neraka.

Dua gambaran sosok istri di atas sangat ekstrim tapi itu terjadi dalam sejarah manusia. Tentu saja bukan tanpa maksud Allah membuat alur cerita kehidupan mereka, pasti ada pesan yang ingin disampaikan kepada kita, khususnya para istri. ***

Type above and press Enter to search.