GUr5GSz7GSr9TpriTpA6BSdi

6 Cara Berbuka Puasa yang Benar dan Sehat



Salah satu cara berbuka puasa yang benar menurut anjuran medis adalah dengan memilih menu yang dapat memenuhi kebutuhan asupan nutrisi sepanjang hari.


ANABERITA.COM, Setelah hampir 12 jam menjalani ibadah puasa, momen berbuka puasa merupakan salah satu momen yang dinantikan. Tak heran banyak orang memiliki ritual sendiri menjelang berbuka puasa, seperti ngabuburit, hunting takjil untuk berbuka, hingga menyiapkan berbagai menu berbuka. 

Hal itu disebabkan setelah seharian menahan lapar dan haus, terkadang membuat kita kalap atau lapar mata saat waktu berbuka puasa. Untuk menghindari lapar mata waktu berbuka puasa, ada baiknya kamu mempraktikkan cara berbuka puasa yang benar. 

Pasalnya cara berbuka puasa yang salah dapat mengakibatkan ketidaknyamanan dan bahkan bisa menyebabkan berat bada naik dengan mudah. 

Salah satu cara berbuka puasa yang benar menurut anjuran medis adalah dengan memilih menu yang dapat memenuhi kebutuhan asupan nutrisi sepanjang hari. 

Berikut ini 6 cara berbuka puasa yang benar yang dapat kamu terapkan agar dapat berpuasa dengan nyaman dan kuat selama sebulan penuh. 

1. Segerakan Berbuka Jika Sudah Waktunya
Cara berbuka puasa yang benar sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW adalah untuk menyegerakan berbuka saat sudah adzan Maghrib. 

Selain dituliskan dalam ajaran Rasulullah SAW, menyegerakan berbuka jika sudah tiba waktunya juga dapat mengembalikan energi dan melepas dahaga setelah seharian menahan lapar dan haus. 

Menunda makan dan minum saat berbuka dapat menyebabkan tubuh lemas dan dehidrasi. Pastikan untuk berbuka dengan air putih dan makanan ringan agar perut tidak kaget.

2. Penuhi Kebutuhan Cairan
Berbukalah dengan air putih setidaknya 2 gelas untuk mengembalikan cairan dalam tubuh. Pastikan untuk tetap mengonsumsi total 2 liter air dalam sehari meskipun sedang berpuasa. 

Tubuh kita membutuhkan setidaknya 2 liter air agar dapat berfungsi dengan baik. Kamu tetap bisa memenuhi kebutuhan cairan selama berpuasa dengan minum 2 gelas air saat berbuka puasa, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur. 

Selain memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan atau sayuran yang kaya akan kandungan air seperti sayur sop, atau buah-buahan seperti semangka, melon, atau apel. 

Semakin banyak aktivitas yang kamu lakukan di pagi hingga sore hari, pastikan juga untuk meningkatkan jumlah cairan yang diminum saat sahur dan berbuka agar tubuh tetap dapat bekerja optimal. 

3. Batasi Makanan Mengandung Gula Tambahan
Cara berbuka puasa yang benar dan sehat adalah dengan menjaga dan membatasi konsumsi makanan manis yang mengandung gula tambahan. 

Saat buka puasa sudah bukan rahasia bahwa kebanyakan dari kita akan membatalkan puasa dengan es teh manis, atau kolak, dan es buah. 

Namun menu makanan tersebut sudah tentu mengandung tambahan gula yang tidak alami. Mengonsumsi terlalu banyak gula selama 30 hari berpuasa akan membuatmu rentan terkena penyakit lainnya, dan tubuh akan terasa lemas. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan sebagai opsi yang lebih sehat namun tetap menyegarkan.

4. Hindari Porsi Makan Terlalu Besar
Cara selanjutnya adalah dengan menjaga porsi makan saat berbuka. Biasanya kita akan lapar mata dan menyantap terlalu banyak makanan mulai dari takjil, kolak, gorengan, dan menu utama. 

Setelah berpuasa seharian, fungsi pencernaan harus dibiasakan dengan mengonsumsi makanan dalam porsi kecil-kecil. 

Makanan porsi besar saat buka puasa dapat membuat tekanan darah melonjak drastis, untuk itu ada baiknya kamu membatalkan puasa dengan menu ringan. Kemudian lanjutkan dengan makanan berat sesaat setelah sholat Maghrib. 

Selain menjaga porsi makan saat berbuka puasa, kamu juga bisa mengonsumsi Realfood Cleanse Passion Power saat bebruka puasa untuk menjaga kesehatan pencernaan selama berpuasa. 

Realfood Cleanse Passion Power dibuat dari bahan pilihan yang memiliki kandungan utama sarang burung walet, dan 12 jenis buah dan sayuran sehingga tetap dapat membantu memenuhi kebutuhan serat harian walau sedang berpuasa.. 

5. Makan dengan Perlahan
Tata cara berbuka puasa yang benar selanjutnya adalah mengonsumsi makanan dengan perlahan dan bertahap. Pastikan untuk mengunyah makanan hingga halus sempurna agar sistem pencernaanmu terbiasa setelah seharian berpuasa. 

Jangan makan dan minum terlalu terburu-buru karena akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih keras dan akan mengakibatkan sembelit nantinya.

6. Hindari berbaring setelah makan
Setelah menyantap menu buka puasa, pastikan untuk tidak langsung berbaring. Sebab langsung berbaring setelah makan dapat mengganggu pencernaan dan menimbulkan masalah kesehatan. 

Asam lambung bisa naik, bahkan gangguan pencernaan seperti GERD dapat muncul bagi yang memiliki riwayat asam lambung. 

Berdasarkan penelitian dari American Journal of Gastroenterology, penderita GERD sebaiknya menunggu sekitar 3 jam setelah makan jika ingin berbaring.Itulah 6 cara berbuka puasa yang benar agar tubuh tetap sehat, bugar, dan tidak kaget setelah seharian berpuasa. 

Kamu juga bisa mengonsumsi Realfood Cleanse Passion Power di malam hari setelah berbuka puasa. Realfood Cleanse Passion Power mengandung ekstrak buah dan sayur yang kaya akan serat pangan. Selain menjaga kesehatan pencernaan di bulan Ramadhan, kamu juga bisa mencapai diet sehatmu dengan konsumsi Realfood Cleanse Passion Power. 

Sumber:
https://realfood.co.id/id/artikel/cara-berbuka-puasa-yang-benar-dan-sehat

Type above and press Enter to search.