GUr5GSz7GSr9TpriTpA6BSdi

Terkenal Kompak, Ini Resep Emak-Emak Gang Ceria di Kota Serang

 

Emak-emak Perumahan Banjar Agung Indah, Kelurahan Banjar Agung, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Provinsi Banten. Dok/Foto: ANAFoto

ANABERITA.COM,KOMUNITAS - Membangun hubungan sosial antar warga di komplek perumahan tidaklah mudah. Ini dikarenakan berbeda latarbelakang, mulai dari suku, pekerjaan, usia dan status sosial.

Namun demikian bukan berarti tidak bisa membangun hubungan harmonis antar warga. Emak - emak di Gang Ceria, RT 04/09 Perumahan Banjar Agung Indah, Kelurahan Banjar Agung, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Provinsi Banten ternyata bisa melakukannya..

Mereka kompak, saling berbagi, saling menghibur dan tolong menolong satu sama lain. Terkadang mereka berbagi oleh - oleh atau masakan yang mereka miliki, mulai dari buah - buahan, bubur kacang ijo sampai makan bersama di jalan gang.

Mereka berasal dari berbagai daerah, diantaranya Tasikmalaya, Garut (Jawa Barat), Kota Serang, Malingping Lebak, Pandeglang (Banten), Brebes (Jawa Tengah). Pekerjaan mereka beragam, ada yang suaminya pegawai pemerintahan, pegawai swasta dan berbisnis.

Ada pula yang memiliki usaha catering dan ayam chicken. Dan ketika ada sisa dari pesanan biasanya akan dibawa keluar untuk makan bersama dengan emak - emak di gang tersebut. 

Sementara salah seorang dari mereka yang memiliki kendaraan mobil seringkali dipakai untuk mengantarkan pesanan. Ketika ada yang memiliki rezeki maka biasanya mereka akan makan bersama satu gang. 

Skill atau keahlian emak - emak di Gang Ceria memang berbeda - beda, ada yang jago masak, buat kue, nyetir mobil dan lain sebagainya.

Seringkali mereka juga hiburan dengan karaoke di jalan gang, di depan rumah salah seorang komunitas ini. "Kita mah selalu kompak selalu, kompak karaokean, bagi - bagi makanan dan saling berbagi," kata Imas, salah seorang emak - emak di Gang Ceria.

Emak-emak Gang Ceria Perumahan Banjar Agung Indah saat menghadiri acara hajatan salah satu dari mereka. Dok/Foto:GangCeria

Tidak mudah membangun hubungan baik antar warga tersebut. Dibutuhkan waktu dan saling mengerti serta saling memahami. Dan faktanya mereka bisa melakukannya sehingga Ketua RW di perumahan ini beberapa kali hadir dengan emak - emak di Gang Ceria.

Saat acara Agustus tahun lalu, emak - emak Gang Ceria juga tampil paling heboh. Mereka tampil di atas panggung dengan memakai seragam SMA. Seragam yang mereka pakai beberapa dari anak mereka yang sudah sekolah SMA. (dbs)

Type above and press Enter to search.